Apa itu penulis tamu ? ini 9 Manfaat dan caranya…

Apa itu penulis tamu ? Penulis tamu atau sering kita sebut dengan guest writer, merupakan penulis artikel yang bukan pemilik atau pengelola blog tersebut.

Atau bisa juga kita menyebutnya sebagai kegiatan menulis artikel di blog orang lain.

Mereka kadang mendapat penawaran dari pengelola blog untuk menambahkan konten yang baik dan sesuai dengan tema blog tersebut.

Keberadaan penulis tamu sebenarnya untuk memperluas cakupan bahasan suatu blog. Jika anda jeli, seorang guest writer akan mampu menyajikan nuansa berbeda dari artikel yang dibuat sebelumnya.

Hal ini disebabkan orang yang buat berbeda. Sehingga cara penyampaian artikel, sudut pandang dan jenis penulisannya kadang berbeda. Apalagi jika tamunya merupakan orang yang ahli dibidangnya.

Selain untuk tujuan profesional tersebut, penulis tamu sekarang ini dijadikan cara untuk meningkatkan SEO offpage. Sang penulis akan menyisipkan link ke blog pribadi ( backlink ) mereka pada artikel yang dibuat.

Tentu kita tahu jika ada link yang berada didalam artikel. Maka memiliki daya backlink yang kuat.

Ada banyak cara untuk membuat orang lain dengan sukarela menulis diblog kita. Cara menjadi penulis tamu bisa kita lakukan dengan meminta kenalan kita untuk menulis atau dengan membuat penawaran secara umum.

Penawaran menjadi penulis tamu sering kita lihat di situs-situs komunitas, contohnya saja seperti Ads.id.

Tentu saja semua tergantung kita sebagai pemilik blog mau pilih yang mana.

Selain yang artikel yang kita dapat secara gratis. Ada juga penulis tamu berbayar.

Penulis tipe ini memang biasanya mencari pemilik blog yang ingin mendapatkan artikel fresh yang mampu dia kerjakan. Penulis tipe ini datang karena tergiur oleh penawaran kita.

Manfaat memiliki penulis tamu di blog

Setelah saya amati, hampir seluruh platform blogging menyediakan fitur untuk menerima penulis lain dalam satu blog. Sehingga anda bisa mengundang atau menawarkan orang lain untuk menjadi guest writer ke dalam blog anda.

 

Jadi, Apa saja keuntungan yang dapat anda peroleh jika situs anda memiliki penulis tamu / guest writer?

1. Meningkatkan peringkat situs anda di mesin pencari / search engine

Tadi sudah saya singgung pada paragraf awal bahwa guest writer bisa mendongkrak situs anda dalam bersaing dengan situs lainnya di keyword tertentu atau keyword yang berbeda. Hal ini bisa terjadi jika anda beruntung memiliki para penulis yang sudah ahli dalam bidang tulis-menulis via online.

Mereka tau apa saja yang disukai oleh mesin pencari dan apa saja yang tidak disukai oleh mesin pencari, sehingga mereka akan menghindari untuk membuat konten yang berkualitas rendah.

Tapi bukan berarti bahwa seorang penulis pemula yang menjadi guest writer anda akan menciptakan sebuah konten yang jelek atau buruk. Karena itu tidak benar!

Dalam melakukan blogwalking selama ini, saya cermati bahwa kebanyakan penulis pemula yang secara sukarela menjadi guest writer sebuah situs populer bisa posting 3 artikel dalam satu hari, angka itu melebihi guest writer lainnya. Dan ternyata, tulisan yang sudah mereka buat itu tak semuanya kalah baik dari penulis profesional sekali pun.

Sedikit info!
Seringnya update artikel baru atau fresh, ternyata juga disukai oleh pelanggan setia situs anda dan pastinya search engine juga (dengan catatan: selama tidak melewati batas maksimal posting per hari untuk pengguna platform blog gratis).

Jadi, selama guest writer anda tidak melanggar peraturan atau kebijakan yang sudah anda buat, anda tidak perlu merasa cemas atau khawatir lagi tentang situs anda yang akan turun peringkat. Malah yang terjadi adalah sebaliknya, situs anda semakin dicintai oleh penggemar dan search engine manapun.

Baca Juga:

2. Menghasilkan uang lebih banyak dari sebelumnya

Secara matematis pastinya anda sudah paham dong.

Misal, anda biasa menghasilkan 1 juta per bulannya dari situs anda. Kemudian ditambah 3 orang guest writer yang dapat menghasilkan @500 ribu per bulannya, berarti 3 X 500 ribu = 1.500.000 per bulan. Jadi, penghasilan yang akan anda peroleh dengan ditambahkan 3 guest writer adalah 2.500.000 per bulan.

Hasil perhitungan di atas memang bukan real, karena bisa saja kurang, bahkan juga bisa lebih. Namun setidaknya dengan tambahan guest writer, penghasilan anda bisa lebih dari pendapatan gaji anda sebelumnya.

3. Tulisan anda ikut berkembang

Ketika otak ‘bisa berpikir’ anda pasti merasa malu apabila tulisan anda kalah baik dari tulisan guest writer anda. Apabila nanti ketika pengunjung datang dan memberi komentar pada salah satu postingan yang anda buat,

“Kok tulisan mas kalah jauh sama guest writer mas?

Tulisan mereka lebih mudah dipahami daripada tempat mas.

Enggak malu?”.

Komentar pengunjung memang tidak salah karena kenyataannya memang begitu, ya kan? Harusnya anda yang introspeksi diri.

Tanggapan-tanggapan yang tidak enak seperti itulah yang akan memacu anda untuk mengembangkan tulisan anda agar menjadi lebih mudah untuk dipahami atau lebih berkesan dari sebelumnya.

Dengan begitu, manfaat anda mempunyai guest writer bukan hal yang buruk, kan? Malah membuat anda semakin baik dan maju dalam hal tulis-menulis.

4. Memperoleh keberagaman pembaca baru

Kok bisa memperoleh beragam pembaca baru? Mungkin ada yang tanya seperti itu.

Oke akan saya jawab melalui permisalan.

Misal, satu guest writer anda menguasai topik android, pasti situs anda akan didatangi oleh pembaca yang sedang mencari informasi seputar android. Nah, bayangkan jika anda memiliki 10 guest writer dengan penguasaan topik yang beragam pula.

Jadi, kalau blog anda biasanya hanya membahas seputar blogging karena keahlian anda hanya pada bab itu, maka dengan bantuan guest writer tidak dipungkiri bahwa situs anda akan menerima pembaca baru yang beragam pula. Sudah paham kan sekarang?

Baca Juga:

5. Bertambahnya teman blogger

Kalau yang satu ini harusnya anda sudah sangat paham dong. Karena guest writer anda biasanya juga satu profesi, yaitu seorang blogger. Jadi, tidak perlu saya jelaskan lagi.

6. Mengurangi kecemasan dalam memunculkan ide posting

Banyak dari pemilik blog berharap bisa posting setiap hari minimal 1 artikel. Tapi karena saking seringnya update, eh malah jadi buntu idenya. Alhasil kecemasan karena gagal update sesuai target pun menghinggapi pikirannya. Mungkin beberapa dari anda juga mengalami hal yang sama, bukan?

Dengan adanya bantuan guest writer sekarang anda tak perlu cemas lagi. Bahkan anda malah bisa mendapatkan topik baru dari hasil pencernaan otak anda saat baca-baca postingan mereka. Karena mereka pula target posting minimal 1 artikel pun juga bisa tercapai. Jadi, anda pun tak perlu merasa khawatir lagi.

7. Punya waktu untuk mengurus situs lain yang anda miliki

Beberapa dari anda kurang puas kalau hanya memiliki satu blog saja. Alasannya, karena pendapatan dari satu blog saja ternyata kurang greget sehingga anda membuat blog lain dengan tema yang lain pula. Btw, saya pun juga demikian kok, jadi anda tak perlu merasa sendirian. LOL

Nah, dengan kedatangan guest writer anda pun sekarang tak perlu panik seandainya blog anda yang lainnya tidak terurus. Karena dengan adanya mereka anda bisa dengan mudah mengurus blog anda lainnya.

8. Anda bisa beristirahat sejenak

Anda itu hanyalah manusia biasa. Merasa capek, lemas, dan mengantuk itu sudah hal yang wajar. Apalagi jika anda saking nafsunya meraih mimpi anda dalam dunia blogging, pasti ada saatnya anda akan merasa butuh istirahat.

Nah, ketika mempunyai penulis tamu anda bisa melakukan refreshing atau sekedar meregangkan otot-otot yang kaku karena terlalu lama duduk dan menatap layar monitor PC / Laptop.

Anda pun malah memiliki waktu beristirahat yang lumayan lama jika anda punya banyak guest writer. Jadi, tak ada salahnya jika anda mencari orang atau membuka pendaftaran menjadi guest writer di situs anda.

9. Bisa fokus menjalankan aktivitas lainnya (non blogging)

Anda punya keluarga, teman, atau rekan bisnis? Jika iya, dengan memanfaatkan guest writer anda bisa fokus menemui atau sharing dengan keluarga, teman, atau rekan bisnis dengan tenang.

Anda bisa piknik bersama keluarga, entah ke pantai, taman kota, atau sekedar jalan-jalan di mall tanpa merasa takut mengenai trafik situs anda menurun, karena sudah ada orang lain yang men-cover postingan situs anda, yaitu guest writer.

Nah itulah 9 manfaat atau keuntungan yang akan anda peroleh jika Situs Website / Blog anda memiliki penulis tamu. Enggak rugi, kan? Malah untungnya banyak sekali lho. LOL.

Untuk keuntungan-keuntungan lainnya bisa anda cari di situs lain, buku, atau bertanya kepada pemilik situs yang memiliki guest writer.

Untuk sementara (sampai artikel ini dipublish) blog ini tidak membuka sesi guest writer, karena saya sadari bahwa blog domain gratis seperti ini pasti banyak yang underestimate. Makanya, saya akan mencoba untuk pelan-pelan berjalan maju agar domain gratis pun layak untuk di sejajarkan dengan yang TLD.

Sebenarnya blog ini adalah proyek saya pribadi. Jadi, saya akan berusaha untuk meningkatkan kualitas blog ini, entah dari konten, desain, dan lainnya, agar orang-orang yang understimate itu bisa terbuka matanya.

Sekian dari saya. Semoga informasi yang sedikit ini dapat bermanfaat bagi anda, khususnya bagi para pemilik situs apapun. Terimakasih telah berkunjung.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *