Apa Saja Jenis Bisnis Online Yang Menjanjikan

Apa Saja Jenis Bisnis Online Yang Menjanjikan?

Posted on

 

Sebelum teman-teman memulai bisnis online. Ada hal yang harus teman-teman tahu. Yap, yaitu Jenis Bisnis Online.

Ada banyak sekali Jenis Bisnis Online yang bisa teman-teman jalankan untuk mendapatkan uang melalui internet. Namun tidak semuanya akan saya tulis disini. Yang akan saya tulis disini adalah Jenis Bisnis Online yang populer dan sudah banyak orang yang berhasil dalam menjalankannya.

Yuk langsung saja kita simak! Apa Saja Jenis Bisnis Online Yang Menjanjikan?

1.Ecomerce (Jualan Online)

Semakin berkembangnya teknologi, aktivitas jualanpun kini telah berkembang. Sekarang teman-teman tidak perlu repot-repot lagi pergi ke pasar/mall untuk membeli sesuatu. Karena sekarang semuanya serba online. Tinggal klik pesanan teman-teman, lalu bayar lewat transfer dan barang pesananpun akan segera dikirim.

Ada banyak sekali orang atau perusahaan yang menjalankan Model Bisnis Ecomerce ini seprti Lazada.co.id, Blibli.com dan masih banyak sekali.

Untuk menjalankan model bisnis seperti ini caranya cukup mudah. Teman-teman hanya perlu menjual ssesuatu.

Apa saja yang bisa dijual?
Banyak. Teman-teman bisa menjual sepatu, kaos, tas, aksesoris, gedget atau mungkin teman-teman juga bisa menjual jasa seperti jasa design, translate atau review.

Dimana harus menjual produknya?
Bisa dimana saja yang penting Online. Teman-teman bisa berjualan di Sosmed seperti: Facebook, twitter, Instagram, dll. Atau di forum: seperti kaskus.co.id atau di situs marketplace seperti: Tokopedia.comolx.co.id dll. Sampai membuat toko online sendiri.

2. Dropshipper/Reseller

Nah, ini adalah salah satu Jenis Bisnis Online yang saya suka dimana kita tidak perlu repot-repot mengurus stok barang dan juga proses pengiriman, karena semuanya telah diurus oleh supplier.

Bisnis ini hampir sama dengan Ecomerce, Cuma bedanya hanya teman-teman tidak memiliki stok barang jadi teman-teman hanya fokus untuk jualan. Bisnis ini sangat cocok buat teman-teman yang ingin memulai bsinis online namun mempunyai modal yang minim.

Untuk lebih jelasnya tentang bisnis ini, teman-teman bisa baca Cara Mudah Memulai Bisnis Online dengan Dropship.

3. Content Publisher

Content Publisher adalah Jenis Bisnis Online yang dimana teman-teman memiliki website/blog lalu di dalam website/blog itu tersedia ruang untuk iklan. Nah, iklan itupn ada macam-macam jenisnya tapi yang umumnya ada dua yaitu:

  • Model iklan Sponsorship
    Model iklan PPC (Pay Per Click)

Apa sih bedanya dari kedua model iklan di atas?

Model Iklan Sponsorship
Untuk Model Iklan Sponsorship ini prinsipnya hampir sama dengan saat kita beriklan di koran atau media cetak.

Contohnya seprti jika teman-teman ingin beriklan di koran lampu biru, maka teman-teman harus menghubungi koran lampu biru itu, Kemudian teman-teman beritahu keran lampu biru jika teman-teman ingin beriklan.

Kemudian si koran lampu biru akan memberikan persyaratan serta tempat (ruang kosong di korang) dan juga harga untuk tayangnya. Setelah iklan disetujui, maka iklan teman-teman akan ditayangkan dalam jangka waktu tertentu sesuai kesepakatan.

Nah, konsep seperti diatas juga bisa terjadi didalam blog/website teman-teman. Dimana teman-teman menyediakan ruang untuk iklan dan nantinya jika ada orang yang ingin beriklan maka dia akan menghubungi teman-teman. Yang nantinya iklan itu akan di tayangkan di dalam blog.

Nah seperti itulah model iklan sponsorship ini. Sederhana bukan?

Website-website besar yang menerapkan Model iklan ini seperti Detik.com, kapanlagi.com, MalesBanget.com dan lain-lain.

Model iklan PPC

Model iklan PPC (Pay Per Click) merupakan sebuah program periklanan dimana si pemasang iklan akan membayar biaya iklan berdasarkan jumlah klik yang terjadi pada iklan mereka.

Contohnya seperti si Budi memasang iklan di sebuah website dengan program PPC. Nah, jika iklan yang dipasang Budi ternyata banyak yang klik misalkan saja 1000 orang mengklik iklan Budi. Maka Budi harus membayar biaya sejumlah 1000 klik tadi. Harga perkliknya bisa bervariasai mulai dari ratusan rupiah hingga puluhan ribu rupiah.

Jika perkliknya budi harus membayar 500 Rupiah maka jika dikalikan 1000 maka Budi harus membayar 500.000 rupiah. Sampai sini sudah mengertikan apa itu Model iklan PPC?

Nah, teman-teman juga bisa menghasilkan uang dengan cara diatas. Bagaimana caranya?

Caranya adalah dengan bergabung dengan website penyedia layanan afiliasi PPC. Setelah teman-teman bergabung, maka teman-teman bisa memasaing iklan PPC mereka di Blog/website teman-teman.

Setelah iklan tampil di blog/website teman-teman. Maka hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah dengan mendatangkan pengunjung ke blog teman-teman yang akan berpotensi mengklik iklan PPC yang ada di Blog teman-teman. Semakin banyak yang klik, maka semakin banyak pula teman-teman akan mendapatkan uang.

Biasanya setiap website penyedia program PPC memiliki peraturan yang hampir sama yaitu TIDAK BOLEH MENGKLIK IKLAN SENDIRI, maksudnya adalah teman-teman tidak boleh mengklik iklan yang tayang di blog teman-teman.

4. Affiliasi

 Jenis Bisnis Online Affiliasi adalah dimana kita menjual produk milik orang lain dan nantinya kita akan mendapatkan komisi dari penjualan itu atau istilah gaulnya adalah Affiliasi sama dengan Calo/broker.

Jenis Bisnis Online yang satu ini adalah salah satu yang saya sukai. Kelebihan dari affiliasi adalah

Tidak perlu stok barang
Sama halnya dengan dropship, teman-teman tidak perlu stok barang atau memiliki produk dulu baru bisa jualan. Akan tetapi teman teman bisa langsung jualan.

Perbedaannya dengan dropship adalah jika dropship teman-teman bisa mendapatkan keuntungan sesuai dengan yang teman-teman mau. Contohnya, teman-teman menjadi dropshipper tas dan harga tas tersebut adalah 300.000 rupiah maka teman-teman bisa menjualnya dengan harga yang lebih tinggi seperti 400.000 atau 500.000 rupiah.

Sementara Affiliasi sejak awal keuntungannya telah ditentukan oleh pemilik produk. Contohnya teman-teman menjual tas dengan harga 300.000 rupiah nah jika tas ini terjual maka teman-teman akan mendapatkan komisi dari harga penjualan tas tersebut. Misalkan harga tas 300.000 dan komisi yang akan teman-teman dapatkan adalah 25% dari harga tas.

Maka ketika teman-teman berhasil menjual tas maka teman-teman akan mendapatkan komisi 75000 rupiah. Atau 25% dari harga tas.

Tidak perlu mengurusi pengiriman barang
Untuk urusan stok dan pengiriman barang semuanya sudah ditanggung oleh pemilik barang. Oleh karena itu Jenis Bisnis ini sangat cocok untuk teman-teman yang memiliki kesibukan seperti pekerja kantoran, anak kuliahan atau siapapun yang ingin terjun di kedalam bisnis online.

Tidak perlu mengurusi keluhan pelanggan
Nah, ini juga menjadi poin yang saya sukai dari Bisnis Online ini dimana kita tidak usah repot-repot mengurusi keluhan pelanggan. Jika terjadi kerusakan barang pada saat barang sampai ke pelanggan maka si pemilik baranglah yang akan mendapatkan keluhan.

Poin ini juga menjadi pembeda dengan dropship dimana kitalah sebagai dropshipper yang akan menerima keluhan pelanggan jika terjadi barang cacat saat sampai ke tempat pelanggan sementara affiliasi tidak.

Intinya Jenis Bisnis Online Affiliasi ini sangat cocok buat siapa saja yang ingin menjadikan bisnis online sebagai sambilan untuk mendapatkan uang dari internet.

Di Indonesia ada 2 situs yang menggunakan sistem affiliasi untuk meningkatkan penjualan produk mereka. Kedua situs tersebut adalah

YukBisnis.com dan Ratakan.com

Sementara untuk luar negri ada

Amazon.com dan Clickbank.com

Silahkan teman-teman kunjungi situsnya kalau perlu daftar menjadi affiliate. Karena pendaftarannya tidak membutuhkan biaya alias g e r a t i s .

5. Subscription

Jenis Bisnis Online Subscription ini adalah dimana sebuah website mendapatkan pemasukan dari keanggotaan berbayar. Keanggotaan berbayarnya bisa bermacam-macam seperti untuk mendapatkan sebuah kontent premium atau forum dan yang lainnya.

Seperti misalnya website toko online Supplier.id yang dimana kita harus membayar 100.000 rupiah agar bisa menjadi dropshiper/reseller dari produk-produk yang ada di supplier.id, atau seperti panduandropship.com orang-orang yang ingin mengetahui konten dari panduandropship.com harus membayar dan menjadi member.

Setelah mereka membayar, maka akan mendapatkan konten premium dari panduandropship.com

Nah, seperti itulah Jenis Bisnsi Online Subscription.

Sebenarnya masih banyak jenis bisnis online yang ingin saya jelaskan, tapi saya rasa penjelasan diatas sudah lebih dari cukup untuk menambah wawasan kita mengenai Jenis Bisnis Online.

Kesimpulan

Ke lima jenis bisnis online diatas adalah yang paling umum atau paling banyak digunakan untuk memulai sebuah bisnis online. Jika teman-teman tertarik ingin memulai bisnis online silahkan pilih salah satu jenis bisnis online di atas yang ingin teman-teman jalankan.

Yang perlu teman-teman ketahui dalam memulai sebuah bisnis apapun bisnisnya adalah tidak ada yang mudah dan instan, semuanya butuh proses serta kesabaran dalam menjalankannya agar bisnis yang akan teman-teman jalankan bisa sukses

Saya rasa sekian sampai disini, jika teman-teman merasa artikel ini bermanfaat silahkan komen atau share ke medsos teman-teman. Terima Kasih 🙂

Gravatar Image
Andri Uye adalah seorang blogger yang menyukai dunia internet marketing dan juga pengembangan diri. Melalui andriuye.net saya ingin berbagi kepada teman-teman tentang inernet marketing dan juga pengembangan diri
  • Nah, saya juga berencana untuk menjalankan bisnis online yang katanya menjanjikan itu mas, yaitu menjadi Dropshipper… Tapi sekarang masih mempelajari sistem kerjanya.. 😀

  • Saya cuma milih jenis affilate sama ppc aja gan hehe :v ,Alhamdulillah udah lumayan hasil nya

  • Sumar Sono

    saya lebih suka menjadi reseller

  • C A N D R A (candra)

    sippp .. ane publisher aja dehh… wqkwq

  • ini herp

    Yang paling enak mah affiliasi mas :3 bisnisnya menjanjikan,uangnya banyak pula tapi ya kita harus pandai pandai mikat hati para pembeli supaya membeli barang sebanyak banyaknya kalau bisa :3

    • andri uye

      iya gan, jadi affiliasi ga perlu ribet. tinggal fokus ngejual aja.

  • Bitcoin g ada ya gan 😀
    Ane pemain bitcoin gan hasilnya juga lumayan 😀

    • andri uye

      Ngga ada gan, soalnya bitcoin kurang populer

  • bolehh nih di praktekin nih.. thankss informasinya.. (y)

  • Cristian Raphael Portier

    COntent publisher sih enak gan . tapi visitor ane masih dikit banget . hehehe .

    • andri uye

      kalo kontennya udah bagus gan, tinggal belajar gimana nyari trafik