cara jualan di instagram

Cara Jualan di Instagram Agar Laris Untuk Pemula

Posted on

Hallo sobat blogger… 🙂 Pada kesempatan kali ini saya ingin mengulas tentang Cara Jualan di Instagram Agar Laris Untuk Pemula.

Banyak orang yang sudah memulai bisnis onlinenya melalui Instagram dan banyak juga yang berhasil mendapatkan puluhan juta bahkan sampai ratusan juta hanya dari instagram.

Cara Jualan di Instagram Agar Laris Untuk Pemula

Menurut CNN Indonesia, pengguna instagram di Indonesia mencapai 22 juta, serta memiliki perkembangan yang signifikan, sebab pada September 2015 pengguna Instagram masih berjumlah 400 juta user dan sekarang totalnya mencapai 500 juta user.

Hal ini menjadi angin segar bagi para pebisnis online, karena sudah otomatis menjadi channel potensial jika market sobat adalah anak muda.

Dari data ini kita bisa menjual sesuatu di instagram yang disukai anak muda.

Sepertinya cukup basa basinya ya hehe…

Siapkan cemilan dan kopi untuk membaca artikel ini ya, Karena Cara Jualan di Instagram ini saya tulis dengan cukup jelas dan sobat tinggal mempraktekkannya saja.

Oke, Sekarang kita akan masuk ke inti pembahasanya ya.

Dapatkan berbagai tips trik jualan online via WA Grup. Disini Join Grup WA 100 Tips Jualan Online

#LangkahPertama – Meriset Produk Untuk di Jual di Instagram

Sebelum sobat membuat akun instagram, sobat harus menentukan dulu tujuan sobat dalam membuat akun instagram.

Disini saya sudah merangkum bahwa ada beberapa alasan orang menggunakan instagram

  1. Selfie
  2. Hiburan
  3. Kuliner
  4. Traveling
  5. Selebriti
  6. Jualan
  7. Kepoin Mantan ahaha…

Nah, dari ke tujuh alasan di atas sobat yang mana nih hehe…

Karena tujuan kita memulai bisnis online di Instagram ini untuk mendapatkan uang. Maka tujuan kita membuat akun Instagram adalah untuk jualan.

Namun sebelum itu sobat harus menentukan produk apa yang ingin sobat jual.

Jangan asal dalam menentukan sebuah produk. Karena pemilihan produk sangat berpengaruh pada laris tidaknya jualan sobat nanti.

Maka dari itu sobat harus merisetnya terlebih dahulu.

Untuk masalah riset produk saya sudah menulisnya dengan lengkap di artikel saya yang berjudul Riset Produk.

Setelah sobat meriset produk apa yang ingin di jual atau jika sobat sudah memiliki produk sebelumnya, sekarang saatnya kita membuat akun Instagram.

#LangkahKedua – Membuat Akun Instagram

Pada artikel ini saya ingin menjual produk kostum dari DropshipAja.com

Kenapa saya menjual produk kostum?

Karena dengan menjual produk kostum, saya bisa menentukan target market berdasarkan niche tertentu, dan menjualnyapun jadi lebih mudah karena desain hanya online shop kita yang memilikinya.

Contoh: Ketika saya ingin berjualan sesuatu yang berhubungan dengan Anime. Saya tinggal membuat desain tentang anime atau jika saya ingin berjualan kepada wanita yang senang dengan film korea. Saya hanya tinggal membuat desain yang berhubungan dengan korea.

Kebayang kan?

Silahkan sobat kunjungi instagram.com dan buat akun seperti biasanya.

Buatlah akun khusus untuk jualan di Instagram dengan nama akun terserah sobat, bisa berupa nama produk yang sobat jual, atau bisa juga berupa nama brand Online Shop sobat.

Cara Jualan di Instagram Untuk Pemula Agar LarisCara Jualan di Instagram Untuk Pemula Agar Laris

Yang sebelah kiri adalah contoh nama online shop berdasarkan nama brandnya sedangkan yang sebelah kanan berdasarkan nama produknya.

Nah, sekarang terserah sobat ingin membuat akun seperti apa?

Profil Instagram

Profil instagram terdiri dari nama akun instagram, nama online shop, foto profil, biodata, dan juga website.

Cara Jualan di Instagram Untuk Pemula Agar Laris

1.Nama Akun

Seperti yang sudah dijelaskan di awal, nomor 1 merupakan nama akun yang nantinya akan menjadi identitas sobat.

2.Foto Profil

Gunakan foto profil yang menarik, disesuaikan dengan produk yang sobat jual

3.Nama Online Shop/Brand

Di nomor 3 ini, kita bisa isi nama brand beserta juga produk yang kita jual atau kata kunci yang kita incar, tujuannya adalah agar mudah ditemukan orang jika mereka mencari di kolom search.

4. Biodata

Isi biodata berupa kontak yang bisa dihubungi, saya sarankan untuk meletakkan pin BBM, no. WhatsApp, dan Line, karena aplikasi chat tersebut adalah yang paling banyak digunakan di Indonesia.

5. Website

Masukkan website sobat pada profil instagram sobat, untuk menggiring traffic dari instagram ke website (rumah online sobat).

#LangkahKetiga – Upload Gambar

Setelah sobat membuat akun dan mengisi profil dengan benar, selanjutnya yang harus sobat lakukan adalah upload minimal 50 gambar pada akun instagram sobat.

Tujuannya adalah agar instagram sobat mengasyikkan jika dilihat oleh calon customer, karena telah memiliki banyak foto dan tidak kosong.

Bayangkan jika sobat mengunjungi akun instagram online shop dan ternyata fotonya sedikit, pasti otomatis di close dan malas untuk kepo.

Tapi, jika gambarnya banyak, otmatis kita menjadi lebih tertarik.

Yang harus sobat perhatikan, setiap upload gambar, dibagian caption selain keterangan produk dan kontak, sobat wajib menyertakan hastag yang berkaitan dengan produk sobat.

Misalnya saya ingin menjual baju muslim, maka saya harus riset dulu dikolom search dengan mengetikkan “#bajumuslim”

Maka akan muncul seperti gambar di bawah:

Cara Jualan di Instagram Untuk Pemula Agar Laris

Sobat ambil minimal 25 hashtag teratas dan sobat tuliskan di caption setiap kali sobat upload produk.

Gunakan cara yang sama untuk produk lain, tujuannya adalah agar sobat mudah closing walaupun belum memiliki followers, dan ini sudah banyak terbukti.

Karena banyak user instagram yang mencari produk melalui hashtag.

Ini adalah contoh banyaknya hashtag yang digunakan dalam satu kali upload produk.

Cara Jualan di Instagram Untuk Pemula Agar Laris

Lakukan upload produk dengan caption berupa keterangan produk, kontak, dan hashtag dengan konsisten minimal 50-100 foto, dan rasakan apa yang terjadi.

Gambar yang sobat upload tidak melulu foto produk, sobat bisa mengupload foto testimoni, quotes atau juga foto packingan produk yang akan sobat kirim.

Perlu sobat ingat lakukan dengan KONSISTEN, upload gambar pagi, siang, dan malam, konsistensi akan membuahkan kesuksesan.

#LangkahKeempat – Schedule Post

Jika sobat adalah orang yang sibuk dan tidak ada waktu untuk konsisten upload gambar setiap hari, maka sobat bisa menggunakan tools Hootsuite.

Tools ini dapat membantu sobat untuk melakukan Auto Post dan Schedule post sesuai waktu yang sobat inginkan.

#LangkahKelima – Follow & Unfollow

Sebelum kita masuk ke trik Follow dan Unfollow, saran saya jangan praktekan trik ini sebum sobat mempraktekkan langkah ke tiga yaitu upload gambar min 50-100 gambar di akun instagram sobat. Jika belum, saran saya jangan praktekan trik ini.

Hal pertama yang harus sobat lakukan adalah mencari kompetitor sobat di instagram, atau sobat bisa mencari akun online shop yang memiliki niche market yang sama dengan sobat.

Misalnya sobat menjual baju muslim, maka market sobat sama dengan online shop yang menjual celana muslim, karena sama-sama pakaian muslim.

Cara mencarinya cukup mudah sobat bisa mencari di kolom search atau dengan hastag. Jika sobat memiliki tools GramKosh maka akan lebih mudah lagi.

#Step 1 – Cari akun instagram kompetitor yang sudah memiliki followers banyak dan marketnya sama dengan market sobat. Kemudian sobat follow akun tersebut.

#Step 2 – Follow dengan konsisten, 500 follow dalam sehari, tapi ingat jangan langsung dalam satu waktu, sobat harus membaginya menjadi 3 waktu. Dalam waktu 1 jam maksimal sobat follow 100 orang, jangan lebih ya… karena sangat beresiko akun sobat di banned.

#Step 3 – Setelah di follow, perhatikan, pasti ada banyak akun yang akan memfollow back. Dengan begini sobat sudah mendapatkan followers dengan cara GRATIS.

#Step 4 – Setelah 3 hari sobat lakukan unfollow akun yang tadi telah sobat follow, dengan ritme yang sama. Tujuannya adalah agar jumlah follower sobat tidak terlalu banyak.

#Step 5 – Di hari ke 4 lakukan kembali dari awal, dan ulangi terus secara konsisten. Perlu sobat ingat ritmenya tidak boleh terlalu cepat, jika terlalu cepat maka resiko banned akan semakin besar.

Penutup

Cara jualan di instagram itu ada seninya. Jika sobat benar-benar mempraktekan apa yang saya tulis di atas, bisa dipastikan sobat akan mendapatkan banyak orderan dari instagram. Karena cara jualan di instagram yang saya tulis ini sudah saya praktekan sendiri.

Walaupun saat ini saya sudah jarang sekali upload foto produk, tapi orderan tetap saja berdatangan di karenakan akun saya sudah berjalan otomatis mulai dari auto like, auto coment, auto follow dan unfollow dll.

Dengan begitu orderan tetap ada walaupun akun saya sudah tidak lagi upload foto.

Nah sekian dari saya, semoga apa yang saya tulis ini bisa bermanfaat bagi kelangsungan bisnis sobat. Jangan lupa share dan komen ya 🙂

Dapatkan berbagai tips trik jualan online via WA Grup. Klik Disini Grup WA 100 Tips Jualan Online

 

Pelajari Bagaimana Cara Melesatkan Omset Bisnis Hanya Bermodal Instagram di Buku Login Instagram

Gravatar Image
Andri Uye adalah seorang blogger yang menyukai dunia internet marketing dan juga pengembangan diri. Melalui andriuye.net saya ingin berbagi kepada teman-teman tentang inernet marketing dan juga pengembangan diri