cara jualan online di instagram

Cara Jualan Online di Instagram

Posted on

Bismillah…

Tulisan saya kali ini tentang Cara Jualan Online di Instagram. Beberapa waktu belakangan ini. Saya lebih fokus di dalam dunia Instagram Marketing ketimbang di media lainnya.

Kenapa?

Karena market di instagram itu biasanya adalah orang-orang menengah ke atas. Yang kalau beli sesuatu ngga pake mikir harganya berapa asal bagus dan senang, mereka akan mudah mentransfer uangnya.

Ini berbeda sekali dengan jualan di facebook personal yang sekarang butuh waktu lama untuk bisa menghasilkan uang dari situ.

Orang-oarng yang membeli sesuatu melalui instagram biasanya juga tidak melakukan chek harga di tempat lain seperti marketplace, web toko online atau sosial media lain yang menjual produk yang sama.

Oleh karena itu banyak dropshiper dari marketplace yang disana cendrung banting-bantingan harga, -asal jangan perasaan aja yang di banting ya hehe…- membuat para dropshiper lebih memilih instagram sebagai media yang terbukti Ampuh untuk menjual barang dengan harga yang tinggi.

Misalnya nih.. Anda menjual sebuah produk yang terbukti laris di marketplace, kemudian jika Anda menjual lagi barang tersebut di marketplace yang berbeda atau sama.. sudah jelas Anda tidak bisa menaikkan harga barang tersebut dengan margin yang tinggi. Oleh karena itu sebaiknya Anda jual lagi di instagram dengan minimal margin keuntungan 50rb per produknya.

Dan untungnya seperti yang sudah saya katakan sebelumnya kalau para pengguna instagram tidak kroscek harga lagi untuk membeli sesuatu.

Mitos dan Kesalahan Ketika Jualan Online di Instagram

Ada beberapa mitos ketika Anda ingin berjualan di instagram

1. Semakin banyak followers maka akan semakin laris, Semakin sedikit followers Jualan di jamin sepi.

Mungkin kita sering dengar dengan istilah di atas kalau semakin banyaknya followers maka dagangan kita akan semakin laris. Nyatanya.. tidak demikian.

Alih-alih ingin cepat mendapatkan banyak followers agar jualanya laris, tak jarang orang yang menggunakan jasa tambah followers alias membeli followers.

Ketika followersnya sudah banyak alih-alih ingin untung tapi ternyata malah buntung karena followers yang di beli tidak tertarget atau mungkin yang memfollow itu adalah akun BOT/palsu alias fake hehe..

2. Tampilan Instagram harus rapih

Memiliki tampilan yang oke banget memang perlu untuk menghiasi akun Instagram Anda. Apalagi jika akun instagram anda menjual produk-produk cewek. Tapi tampilan instagram tidak harus rapih kok untuk mendapatkan orderan.

3. Tidak Konsisten Posting di Instagram

Konsisten dalam mengupload konten memang perlu, gunanya agar selalu ada interaksi di akun Instagram Anda. Tapi kalau hanya asal upload foto juga tidak bagus.

Selain upload foto secara terus menerus(konsisten), Anda juga harus memperhatikan tentang tentang caption dan hashtag agar orang lebih mudah menemukan akun instagram Anda.

Cara Jualan Online di Instagram

1. Buat Akun dan Pilih Nama Akun

Hal pertama yang harus Anda lakukan ketika ingin memulai jualan online di instagram adalah dengan membuat akun.

  • Buatlah akun bisnis
  • Gunakan nama akun atau brand sesuai dengan keinginan Anda
  • Akunnya di buat publik saja jangan di private

Ketika Anda ingin membuat akun, buatlah akun untuk satu jenis produk tertentu.. misal Anda ingin jualan kaos bola, maka jangan di campur dengan jualan yang lain-lain seperti obat herbal, pelangsing, akesoris dll.

Fokus pada kaos bola saja yang di posting.

2. Posting Sebanyak-banyaknya

Walaupun saat ini akun Anda belum memiliki banyak followers. Tapi Anda tetap wajib posting sesuatu sebanyak-banyaknya. Yang jelas kalau tujuan Anda menggunakan IG untuk jualan. Harus memposting foto produk. Tapi jangan melulu foto produk yang diposting. Bisa selingi dengan kegiatan usaha atau testimoni pelanggan.

3. Gunakan Trik Follow dan Unfollow

Ini cara yang paling ampuh untuk meningkatkan followers dengan cepat. Caranya Anda follow akun-akun yang menjadi kompetitor Anda serta jangan lupa juga untuk memfollow followers mereka.

Tapi ingat jangan over melakukan follow dan unfollow ini. Pastikan 1 hari Anda hanya memfollow 100 orang saja. Agar akun anda tidak dianggap spam oleh IG.

Setelah beberapa hari Anda follow. Kemudian unfollow mereka secara perlahan.

4. Gunakan Hashtag Relevan

Penggunaan hashtag ini sangat penting ketika Anda belum banyak memiliki followers. Ketika Anda membaca buku Login Instagram. Anda akan di ajarkan lebih detail tentang Hashtag dan kata kunci lainnya yang lebih tertarget.

Gunakan hashtag maksimal 20 saja, walaupun maksimal menggunakan hashtag hingga 30 tapi jika terlalu banyak akun Anda akan di anggap spam juga oleh IG. Dan hashtag yang Anda gunakan akan terhapus otomatis oleh IG.

5. Unggah berbagai macam konten yang di sukai followers

Seperti yang saya bilang jangan terlalu monoton dalam memposting konten. Postinglah hal-hal bermanfaat yang disukai followers Anda. Seperti quote, kata-kata inspirasi, video lucu/motivasi pokoknya konten yang sifatnya menghibur.

Karena tujuan orang menggunakan IG salah satunya adalah untuk mencari hiburan. Bukan dijejali berbagai macam foto produk yang Anda jual.

6. Perbanyak Interaksi

Yang namanya media sosial, kita dituntut untuk melakukan interaksi. Ini sangat penting, apalagi pada Alogaritme IG yang sekarang yang lebih mengkedepankan Interaksi.

Perbanyaklah like dan komen ke akun-akun yang menjadi target market Anda.

7. Fokus dan Konsisten

Ini yang paling penting dari semua point. Apa gunanya Anda selama ini memposting produk dan melakukan semua hal di atas kalau Anda sendiri tidak konsisten.

Semangatnya cuma di awal doang, begitu sepi orderan malah menganggap kalau jualan di IG itu tidak potensial. Padahal diri kita sendirilah yang tidak potensial dan mudah menyerah.

Never give up. Jangan pernah menyerah dalam melakukan sesuatu yang benar.

Nah, ini saja yang bisa saya tulis kali ini. Semoga cara jualan online di instagram yang saya posting di atas dapat bermanfaat bagi penjualan Anda.

Namun jika Anda ingin mempelajari instagram lebih dalam lagi, saya sarankan Anda mempelajarinya di buku Login Instagram. Buku ini adalah rekomendasi saya. Kenapa? Karena saya juga belajar jualan di Instagram dari buku ini dan terbukti Work it’s.

=========

Selain nulis di blog saya juga sering sharing di grup WA 100 Tips Jualan Online. Sudah ratusan orang yang bergabung di grup tersebut dan mendapatkan manfaat dari tips dan trik yang saya share. Silahkan jika Anda ingin bergabung klik 100 Tips Jualan Online.

Saya juga memiliki channel telegram. Di channel ini berisi curhatan saya tentang bisnis yang saat ini sedang saya jalani atau mungkin juga sedang Anda jalani. Jaid please selain join di grup WA, follow juga channel telegram saya disni.

Akhir kata saya ucapkan terima kasih kepada para pembaca setia blog Andriuye.net ini. Semoga saya tetap istiqomah dalam menulis konten yang bermanfaat bagi para pebisnis online seperti Anda.

Saya tunggu Anda di grup WA see you.. 😀

 

Mau lebih dalam belajar Instagram Marketing? SEGERA miliki buku Login Instagram disini

cara jualan online di instagarm

Gravatar Image
Andri Uye adalah seorang blogger yang menyukai dunia internet marketing dan juga pengembangan diri. Melalui andriuye.net saya ingin berbagi kepada teman-teman tentang inernet marketing dan juga pengembangan diri