Cara Membuat Blog dengan Wordpress Self Hosted

Cara Membuat Blog WordPress Self Hosted Dengan Mudah

Posted on

Bagaimana sih, Cara membuat blog wordpress self hosted dengan mudah?

 

Berawal dari pertanyaan tersebut, saya ingin memberi tutorial untuk teman-teman yang masih kebingungan tentang bagaimana caranya membuat blog dengan wordpress self hosted.

 

Oke sebelum kita masuk kedalam tutorialnya, saya ingin teman-teman membaca tulisan saya sebelumnya yang membahas tentang domain dan hosting.

 

Jika teman-teman sudah membaca dan mengerti apa itu domain dan hosting, selanjutnya saya akan menjelaskan sedikit tentang kelebihan dan kekurangan menggunakan blog wordpress self hosted. ingat wordpress.org ya bukan wordpress.com.

Apasih perbedaan dari kedua situs tersebut?

 

Banyak sekali perbedaan antara kedua situs layanan blogging tersebut. Jika dengan wordpress.com teman-teman bisa dengan mudah mendaftar dan memulai ngeblog sementara di wordpress.org teman-teman harus memiliki domain dan hosting untuk bisa memulai ngeblog.

 

Untuk lebih jelasnya silahkan teman-teman lihat http://en.support.wordpress.com/com-vs-org/

Tutorial Cara Membuat Blog menggunakan WordPress

 

Nah, sudah tahukan perbedaan dari kedua situs tersebut. Sekarang kita akan masuk pada Tutorial Cara Membuat Blog menggunakan WordPress. Namun sebelum itu teman-teman harus memiliki domain dan hosting.

 

Saat membuat blog ini saya menggunakan layanan hosting dari NiagaHoster.co.id saya memilih paket personal. Banyak kelebihan dari layanan hosting ini dibandingkan dengan yang lain.

 

Oke, saya anggap teman-teman sudah memiliki domain dan hosting.

 

1. Langkah pertama yang harus teman-teman lakukan adalah Login ke Cpanel. Caranya ketik pada addres bar browser domain teman-teman garis miring cpanel. Contoh: namadomain.com/cpanel
Maka akan muncul seperti gambar di bawah:

Cara Membuat Blog WordPress Self Hosted Dengan Mudah

2. Masukkan Username dan Password cPanel teman-teman setelah itu klik Login

 

3. Setelah teman-teman masuk ke Dashboard cPanel, Silahkan scrol kebawah dan cari Softaculous Apps Installer. Jika sudah ketemu silahkan di klik.

Cara Membuat Blog dengan WordPress Self Hosted

 

4. Teman-teman akan masuk pada halaman Softaculous, setelah itu pilih menu Blogs >> WordPress >> Klik Instal.

Cara Membuat Blog dengan WordPress Self Hosted

5. Setelah teman-teman klik instal, maka akan muncul seperti gambar di bawah

Mungkin teman-teman masih bingung dengan from di atas. Oke akan saya jelaskan:

 

Choose Protocol: Protocol yang ingin teman-teman gunakan, tersedia http://, http://www., https:// dan https://www. Untuk pilihan yang paling banyak digunakan silakan pilih default http://.

 

Choose Domain: Pada kolom ini teman-teman diharuskan untuk mengisi Domain yang teman-teman telah persiapkan sebelumnya. Pada tutorial ini saya memakai domain gratis dari Freenom yaitu belajarwordpress.tk

 

In Directory: Jika teman-teman ingin menginstal WordPress pada direktori lain, silakan isi sesuai keinginan teman-teman. Misalnya jika mengisi direktori tersebut dengan nama “blog” maka WordPress akan diinstal dan diakses pada namadomainAnda.com/blog, jika hanya ingin menginstal tanpa direktori atau pada domain utama saja, silakan kosongkan opsi tersebut.

 

Table Prefix: Tabel yang akan digunakan pada Database (Biarkan saja default).

 

Site Name: isi dengan nama blog teman-teman.

 

Site Description: isi dengan Deskripsi blog teman-teman.

 

Enable Multisite (WPMU): Pilihan untuk mengaktifkan multisite pada WordPress teman-teman, opsi ini biasanya jarang diaktifkan, jadi jangan dicentang.

 

Admin Username: username untuk login pada dashboard WordPress

 

Admin Password: password untuk login pada dashboard WordPress.

 

Admin Email: Email teman-teman yang akan digunakan untuk kebutuhan instalasi WordPress, dan biasa digunakan untuk reset password jika teman-teman lupa.

 

Select Language: Pilihan bahasa pada WordPress yang ingin teman-teman gunakan.

 

Limit Login Attempts: Plugin yang akan diinstal secara otomatis pada WordPress yang berfungsi untuk membatasi jumlah usaha login jika teman-teman salah memasukkan username atau password.

 

Select Themes: Jika teman-teman ingin menginstal WordPress berserta dengan Theme silakan pilih theme yang teman-teman inginkan, jika tidak abaikan saja opsi tersebut.

 

Email instalation details to: masukkan email teman-teman jika ingin menerima informasi secara detail mengenai instalasi WordPress yang teman-teman lakukan.

 

Jika semuanya sudah selesai, langkah terakhir klik “Install”.

 

Tunggu beberapa saat hingga proses instalasi selesai.

 

Jika sudah selesai silahkan menuju ke domain yang sudah teman-teman gunakan dan untuk masuk halaman admin wordpress caranya adalah dengan menambahkan wp-admin pada domain teman-teman seperti contoh: domainanda.com untuk masuke ke admin wordpress silahkan menuju ke domainanda.com/wp-admin.
Nah, akhirnya selesai juga cara menginstal wordpress melalui cPanel.

Cara Membuat Blog dengan WordPress Self Hosted

Gimana? mudahkan membuat blog dari wordpress. 🙂

Gravatar Image

Andri Uye adalah seorang blogger yang menyukai dunia internet marketing dan juga pengembangan diri. Melalui andriuye.net saya ingin berbagi kepada teman-teman tentang inernet marketing dan juga pengembangan diri