Cara Memulai Bisnis Online

Cara Memulai Bisnis Online Untuk Pemula

Posted on

Bisnis Online, Jika kita bicara mengenai bisnis online apa yang ada di pikiran teman-teman?

Bisnis yang cepat kaya, bisnis tanpa modal, atau sebuah bisnis yang hanya memerlukan koneksi internet untuk memulainya?.

Apapun yang ada dipikiran teman-teman mengenai bisnis online yang pasti yang namanya bisnis itu adalah sesuatu yang menguntungkan. Iya nggak?

Nah, pada tulisan saya kali ini. Saya ingin berbagi mengenai Cara Memulai Bisnis Online Untuk Pemula.

Masih banyak sekali orang yang kebingungan ketika ingin memulai bisnis online. Termasuk saya.

Dengan adanya tulisan ini saya harap teman-teman bisa dengan mudah untuk segera memulai bisnis online. Dimana teman-teman akan dipandu dari nol hingga mengambil tindakan untuk segera memulainya.

Mulai dari Mana?

Mulai dari mana? Pertanyaan ini seringkali membuat bingung para pemula. Karena banyaknya peluang bisnis online yang bisa dimasuki.

Teman-teman tidak perlu khawatir tentang masalah itu. Yang harus teman-teman tahu adalah jenis bisnis online. Saya sudah menulis tentang jenis bisnis online pada postingan saya sebelumnya.

Jika teman-teman belum membacanya silahkan baca Jenis-jenis Bisnis Online

Mindset/Pola Pikir Pebisnsi Online Yang Benar

Memiliki mindset yang tepat dalam memulai bisnis online sangatlah penting. Karena untuk sukses di dalam bisnis online tidaklah mudah seperti apa yang dibayangkan.

Yang harus teman-teman tahu adalah Bisnis online bukanlah bisnis cepat kaya. Yang dimana teman-teman tinggal klik suatu tombol maka uang akan mengalir ke dompet teman-teman. Bisnis online tidaklah semudah itu.

Bisnis online hampir sama dengan bisnis offline, dimana untuk membangun dan mengembangkan bisnis ini dibutuhkan waktu, tenaga, dan uang.

Banyak pebisnis online yang gagal karena mereka selalu menginginkan hasil yang cepat, atau ketika mereka menemukan masalah pada bisnis online yang sedang dijalankannya.

Mereka bukannya mencari solusi atas masalah yang sedang mereka hadapi melainkan mencari jenis bisnis online lain yang lebih mudah. Dan ketika mereka menemui masalah di bisnis online yang baru mereka akan melakukan hal yang sama.

Yaitu mencari jenis bisnis yang lebih mudah dan lebih menjanjikan lagi.

Sehingga orang-orang seperti ini akan terombang ambing oleh peluang-peluang yang kelihatannya hijau (cepat sukses).

Dan akhirnya keinginan untuk sukses sebagai pebisns online tinggal keinginan saja.

Kira-kira seperti itulah yang akan terjadi jika teman-teman tidak memiliki mindset seorang pebisnis yang benar.

Berikut ini adalah pola pikir yang harus teman-teman miliki:

1. Tujuan

Dalam melakukan hal apapun teman-teman harus memiliki tujuan untuk memotivasi diri teman-teman sendiri. Ketika teman-teman menemui masalah dalam bisnis online.

Teman-teman hanya tinggal mengingat kembali apa yang menjadi tujuan teman-teman dalam berbisnis online. Sehingga teman-teman dapat segera bangkit dan keluar dari masalah tersebut.

2. Saya Pasti Bisa

Berpikir bisa menjadi salah satu kunci utama untuk melakukan hal apapun dengan mudah.

Seperti misalnya ketika teman-teman berpikir tidak bisa dalam membuat website atau sulit dalam membuat website. lalu teman-teman mengulang-ulang terus dalam pikiran teman-teman.

Sehingga ketika teman-teman mencoba membuat website dan ternyata gagal. Teman-teman secara tidak sadar akan berpikir. “tuh kan gak bisa, saya bilang juga apa membuat webiste itu sulit, saya pasti ga bisa”

Teman-teman akan meng iya kan pernyataan tersebut kalau teman-teman tidak bisa membuat website. Akhirnya teman-teman merasa nyaman dengan pola pikir tersebut dan menjadikan diri teman-teman sendiri benar-benar tidak bisa dalam membuat website.

Hal ini akan berbeda jika teman-teman memiliki mindsite Saya Pasti Bisa.

Walaupun pola pikir ini sangat sederhana yaitu berpikir BISA. Namun ini bisa sangat power full dan akan membuat teman-teman menjadi lebih mudah dalam melakukan hal apapun.

Seperti misalnya ketika teman-teman ingin membuat sebuah website lalu teman-teman gagal. Lalu teman-teman berpikir “Saya Pasti Bisa” maka secara tidak sadar teman-teman akan berpikir untuk mencari cara agar bisa membuat sebuah website.

Caranya pun bermacam-macam agar bisa membuat website, teman-teman bisa membeli buku/panduan yang akan mengajarkan teman-teman bagaimana caranya membuat website. Jika masih belum bisa juga.

Teman-teman akan berpikir untuk mencari orang yang bisa membuat website dan memintanya untuk mengajarkannya kepada teman-teman. Hingga akhirnya teman-teman mampu dalam membuat website.

Nah, sekarang tanamkan di dalam pikiran teman-teman kalau teman-teman pasti BISA untuk sukses di dalam dunia Bisnis Online atau yang lebih dikenal sebagai Internet Marketer.

3. Terlalu banyak belajar tapi tidak praktek

Tidak ada yang salah dalam belajar, akan tetapi yang salah adalah jika apa yang telah di pelajari tidak dipraktekan.

Di era digital ini dimana sebuah informasi bisa di dapatkan dengan sangat mudah, membuat seseorang lebih banyak belajar atau membaca ketimbang mempraktekan apa yang telah dipelajari.

Saran saya, pelajarilah apa yang perlu teman-teman pelajari.

Jika teman-teman ingin mahir dalam membuat website, maka pelajarilah tentang membuat website saja. jangan semua hal dipelajari karena itu akan membuat teman-teman bingung.

Tidak ada kesuksesn yang tidak diawali dari sebuah tindakan.

Bertindak ( take action) menjadi salah satu kunci untuk sukses dalam hal apapun.

Seperti kata seorang bijak “Setiap perjalanan satu mil pasti di awali dari satu langkah”

Segeralah praktekan apa yang telah teman-teman pelajari.

Jangan biarkan informasi yang telah teman-teman serap hanya menjadi tumpukan sampah yang tidak berguna di dalam otak.

Ada beberapa hal yang akan membuat teman-teman untuk segera bertindak.

1. Miliki Tujuan

Dalam poin ini saya sudah jelaskan di atas. Jika teman-teman belum mengerti juga akan pentingnya memiliki tujuan, maka silahkan teman-teman scroll ke atas dan baca lagi pada poin Tujuan.

2. Tekanan yang Tepat

Untuk dapat take action memulai bisnis online adalah dengan memiliki tekanan yang tepat.

Dimana dengan adanya tekanan yang tepat ini akan membuat teman-teman bangun dari tempat tidur dan segera take action untuk mewujudkan impian-impian teman-teman.

Tekanan yang tepat ini adalah sebuah kondisi yang akan memaksa teman-teman untuk segera take action.

Kondisi ini bisa berupa sesuatu yang ingin teman-teman wujudkan dengan segera.

Sebagai contoh: teman-teman bisa berjanji kepada diri sendiri atau kepada orang-orang yang teman-teman sayangi kalau teman-teman akan sukses dalam bisnis online.

Sehingga dengan begitu teman-teman akan memiliki sebuah tekanan yang akan memaksa teman-teman untuk segera take action.

Itulah mindsite/pola pikir yang harus teman-teman miliki.

Jika teman-teman sudah memiliki cara berpikir di atas yuk kita lanjut ke tahap berikutnya.

Namun jika belum, silahkan baca lagi dan lagi sampai teman-teman memiliki mindset yang tepat dalam bisnis online.

Oke, yang akan kita lakukan selanjutnya apa?

Temukan Passion (Hobi)

Passion adalah perasaan atau emosi jika melakukan sesuatu tersebut, menjadi sangat antusias, bersemangat, dan melakukannya dengan senang hati.

Apa sih hubungannya passion dengan memulai bisnis online?

Jika teman-teman ingin memulai bisnis online, mulailah dengan passion yang ada pada diri teman-teman.

Dengan begitu teman-teman tidak akan terbebani dengan hal-hal yang nantinya harus teman-teman lakukan. Karena memang itu sudah menjadi hobi dan kesenangan teman-teman.

Sebagai contoh: jika teman-teman sangat menyukai gedget dan teman-teman selalu mengikuti perkembangannya. Juga selalu mencari tahu tentang seluk beluk dari gadet.

Nah, bisa jadi itu adalah passion teman-teman.

Bagaimana sih cara menemukan passion?

Kalau begitu silahkan jawab pertanyaan-pertanyaan berikut.

1. Tanyakan pada dirimu sendiri, Hal apa yang jika kamu melakukannya akan merasa antusias, senang walaupun tidak mendapatkan bayaran.

Hal ini bisa bermacam-macam. Seperti ketika teman-teman suka dengan sepak bola, teman-teman akan bermain sepak bola dengan antusias, senang, walaupun tidak mendapatkan bayaran.

Tanyakan pada diri sendiri. Ini bukan hanya sekedar olahraga tapi seluruh aktivitas yang bersifat positif

2. Kemampuan apa yang selama ini paling menonjol pada dirimu?

Setiap orang pasti punya kelebihan dan bakat. Lewat pertanyaan ini coba temukan kelebihan dan bakatmu.

Coba ingat-ingat hal apa yang ketika orang lain mengalami kesulitan teman-teman dapat membantunya. Karena itu adalah kelebihan dan bakat teman-teman.

Atau sebagai contoh: jika teman-teman adalah seorang karyawan dan memiliki keahlian memotret. Pertanyaan diatas bisa membuka pikiran teman-teman, bahwa teman-teman lebih ahli dibidang fotografi ketimbang menjadi karyawan seumur hidup.

3. Di masa depan nanti teman-teman ingin menjadi orang yang seperti apa?

Tanyakan itu pada diri sendiri. Kira-kira teman-teman ingin menjadi orang seperti apa di masa depan nanti. Yang pasti bukan jadi superman atau batman ya… apalagi jadi vampir atau serigala.

Masih banyak pertanyaan-pertanyaan lain yang ingin saya tulis disini. Namun saya rasa dengan ketiga pertanyaan diatas sudah dapat mewakili kesemua pertanyaan.

Jadi apakah teman-teman sudah menemukan Passion nya? Jika belum silahkan baca kembali 😀

Mulai dengan Ngeblog

Sekali lagi saya ingatkan kalau banyak cara untuk memulai bisnis online. Bisa memulainya dari sosial media seperti facebook, twitter, instagram dan lain-lain.

Tapi pada tulisan saya kali ini saya menyarankan memulai bisnis online dengan blog.

Kenapa harus dengan blog?

Karena dengan memiliki blog akan mempermudah teman-teman untuk menjalankan berbagai jenis bisnis online.

Blog juga akan menjadi aset yang sangat berharga.

Jadikan Blog sebagai pintu masuk untuk teman-teman memulai bisnis online.

Banyak sekali manfaat yang akan teman-teman dapatkan ketika memiliki blog.

Berikut ini adalah hal apa saja yang bisa kita lakukan dengan blog:

#Berjualan online. Pada umumnya berjualan online adalah dengan memiliki toko online. Namun kita juga bisa menggunakan blog sebagai sarana berjualan online.

Kita bisa menjual apa saja di blog, bisa produk fisik, produk digital, produk milik orang lain, jasa dan lain-lain.

#Personal Branding. Jika teman-teman ingin dikenal sebagai seorang pakar, misal nya pakar agrobisnis. Dengan memiliki blog teman-teman bisa mengisi blog tersebut mengenai agrobisnis.

Setelah itu blog tersebut bisa teman-teman gunakan sebagai sarana promosi.

Semakin banyak orang yang membaca blog teman-teman, maka teman-teman akan dikenal sebagai pakar agrobisnis.

#Menjadi penulis yang baik. Memiliki blog mengharuskan teman-teman mengisinya dengan tulisan. Walaupun bisa membayar orang untuk mengisi konten di blog teman-teman.

Tapi saran saya adalah dengan menulis dan mengisi kontennya sendiri. Kenapa, karena itu akan melatih kemampuan menulis teman-teman.

Hingga akhirnya teman-teman dapat menjadi penulis yang baik.

Media Curhat. Yap, melalui blog teman-teman bisa mencurahkan pemikiran teman-teman. Baik dalam hal percintaan, rumah tangga, politik, ekonomi dan berbagai hal.

Menentukan Topik Blog

Sebelum kita masuk tentang bagaimana cara membuat blog. Ada hal penting yang tidak bloeh kita lewatkan. Yaitu menentukan topik blog.

Sebuah blog yang membahas satu topik itu dinamakan Niche Blog. Sedangkan yang membahas banyak topik disebutnya blog gado-gado.

Kenapa menentukan topik blog ini penting?

Para praktisi dan juga mastah-mastah bisnis online sangat merekomendasikan untuk membuat blog yang fokus pada satu topik.

Karena dengan blog satu topik atau yang membahas topik tertentu, blog teman-teman nantinya akan menjadi blog otoritas (blog rujukan) orang-orang.

Seperti contoh blog duniafitnes.com. blog tersebut berisi seputar fitnes. Karena blog tersebut dikelola dengan sangat baik, maka blog tersebut menjadi rujukan orang-orang yang ingin mengetahui teknik fitnes atau cara diet.

Tidak hanya itu di dalam blog dunia fitnes pun menjual produk yang juga sesuai dengan topik blog tersebut yaitu suplemen.

Teman-teman juga bisa membuat blog seperti itu.

Bagaimana cara menentukan Topik (niche) blog?

Beberapa cara berikut ini akan membantu teman-teman untuk menentukan topik blog.

#YangPertama Sesuaikan topik blog teman-teman dengan passion teman-teman.

Oke, saya tanya sekali lagi, apakah teman-teman sudah menemukan passion teman-teman?

Misalkan passion teman-teman adalah mengotak atik motor. Maka teman-teman bisa membuat blog dengan topik otomotif.

Dimana didalam blog tersebut, teman-teman akan berbagai tentang seputar dunia otomotif.

#YangKedua Sesuaikan topik blog teman-teman dengan pekerjaan teman-teman.

Misalkan teman-teman bekerja sebagai marketing di sebuah perusahaan. Maka teman-teman bisa mengisi blog teman-teman seputar strategi marketing.

#YangKetiga Sesuaikan topik blog teman-teman dengan produk yang teman-teman tawarkan.

Seperti contoh, jika teman-teman ingin menjual perlengkapan kamera, maka topik blog teman-teman adalah seputar mengenai dunia fotografi.

Atau ambil contoh seperti blog duniafitnes.com tadi.

#YangKeempat Sesuaikan topik blog teman-teman dengan target pasar.

Jika teman-teman ingin menjual tas dengan target pasar anak muda. maka teman-teman bisa membuat blog yang berkaitan dengan dunia anak muda.

Setelah blog teman-teman ramai pengunjung yang pastinya adalah anak mudah. Teman-teman bisa menawarkan produk yang ingin teman-teman jual.

Nah itulah beberapa cara untuk menentukan topik untuk blog.

Sebelum lanjut ke pembahasan berikutnya silahkan teman-teman tentukan topik blog yang akan teman-teman gunakan.

Cara Membuat Blog

Selanjutnya kita akan membuat blog. Jangan khawatir apalagi bingung karena kita tidak akan mempelajari pemrograman website untuk membuat blog.

Kerna sudah banyak tersedia aplikasi yang memudahkan kita untuk membuat blog.

Teman-teman bisa membuat blog menggunakan platform berikut.

Blogger.com
WordPress.com
Blog.com
WordPress.org
Webly.com
Mywapblog.com
Blog.detik.com
Tumblr.com

Dan masih banyak lagi platfrom blog yang bisa kita gunakan.

Untuk memudahkan teman-teman dalam membuat blog, saya sudah membuat tutorial sederhana tentang bagaimana cara membuat blog. Silahkan teman-teman baca disini.

Datangkan Trafik

Trafik jika di ibaratkan itu seperti darah yang mengalir di tubuh manusia.

Agar blog yang teman-teman bangun menghasilkan uang. Maka teman-teman hrus memiliki trafik/pengunjung ke blog teman-teman.

Menurut saya Trafik terbagi menjadi 3 jenis yaitu:

1. Organik Trafik
2. Non Organik Trafik
3. Paid Trafik

Saya tidak akan membahas bagaimana caranya mendapatkan trafik dari ketiga jenis trafik tersebut.

Karena jika saya bahas disini, tulisan saya ini akan menjadi begitu panjang. Tapi Insya Allah akan saya tulis di lain kesempatan.

Disini saya akan menjelaskan intinya saja. oke, mari kita bahas satu persatu:

1. Organik Trafik

Organik trafik itu adalah trafik yang datang melalui orang-orang yang mencari konten.

Organik trafik itu datangnya dari mesin pencari seperti google, bing, yaho, dan lainnya.

Untuk mendapatkna organik trafik maka teman-teman harus memiliki keahlian SEO yang memadai.

2. Non Organik Trafik

Sedangkan Non Organik Trafik adalah Trafik yang dicari.

Maksudnya begini, teman-teman ingin salah satu artikel teman-teman banyak dikunjungi atau banyak trafik berdatangan.

Maka teman-teman menshare artikel tersebut ke berbagai media sosial, grup-grup, ke berbagai forum dan mensubmitnya ke barbagi sosbok.

Untuk mendapatkan trafik Non Organik teman-taman juga bisa membuat artikel viral yang dimana dengan artikel tersebut orang-orang akan menshare dan trafikpun berdatangan.

3. Paid Trafik

Paid Trafik bisa disebut juga dengan Trafik berbayar. Dimana kita membayar media iklan untuk mendapatkan trafik.

Media iklannya pun bermacam-maca sesperti

Adword
Facebook Ads
Twitter Ads
Memasang iklan blog kita di blog orang lain
Dan lain-lain.

Intinya kita membayar media pengiklan untuk mengiklankan blog kita yang bertujuan untuk mendatangkan trafik.

Nah itu dia ketiga jenis trafik yang harus teman-teman tahu.

Tapi, untuk awal-awal ngeblog saran saya adalah LUPAKAN TRAFIK.

Kenapa saya sarankan untuk melupakan trafik dulu. Karena untuk mendatangkan trafik yang berkualitas dibutuhkan konten yang baik dan menarik.

Jadi untuk awal-awal ngeblog adalah fokus dengan konten. Konten dan konten. Udah itu aja.

Setelah konten sudah banyak dan juga berkualitas, maka barulah teman-teman berpikir bagaimana caranya mancari trafik.

Fokus dan Konsisten

Dalam membangun sebuah bisnis, apapun bisnisnya baik online maupun offline. Fokus dan konsisten menjadi salah satu kunci sukses.

Begitu juga dalam bisnis online, apapun jenis bisnis online yang sedang teman-teman jalankan, jika teman-teman tidak fokus serta konsisten membangunnya, maka bisa dipastikan bisnis teman-teman akan jalan ditempat atau bahkan bisa gagal.

Untuk membangun sebauh blog yang sukses teman-teman dituntut untuk fokus serta konsisten.

Karena bisnis online bukanlah bisnis yang cepat kaya dan tidak jauh beda dengan bisnis offline.

Dibutuhkan perjuangan yang ekstra agar bisa sukses.

Jangan pernah menyerah untuk mencapai kesuksesan karena sekali temna-teman menyerah, disitulah teman-teman benar-benar gagal.

Kesimpulan

Dalam artikel ini saya lebih banyak membahas tentang mindset/pola pikir ketimbang strategi atau cara membuat blog.

Mengapa?

Karena dengan memiliki mindset yang tepat dalam menjalankan bisnis online. Akan sangat membantu teman-teman untuk segera bangkit ketika menemui sebuah kegagalan.

Setiap pebisnis pemula biasanya menemui kegagalan dulu baru bisa sukses. Jadi habiskan dulu jatah gagalmu 😀

Gravatar Image

Andri Uye adalah seorang blogger yang menyukai dunia internet marketing dan juga pengembangan diri. Melalui andriuye.net saya ingin berbagi kepada teman-teman tentang inernet marketing dan juga pengembangan diri