Cara Mudah Membuat Toko Online Dengan WordPress

Cara Mudah Membuat Toko Online Dengan WordPress

Posted on

Masih banyak dari teman-teman saya yang bingung bagaimana caranya membuat Toko Online. Maka dari itu saya ingin membuat panduan Cara Mudah Membuat Toko Online Dengan WordPress.

 

Mungkin Anda bertanya-tanya kenapa membuat toko online dengan wordpress? Padahal kita tidak perlu repot-repot membuat toko online karna sudah ada marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee dan lainnya yang akan mempermudah Anda untuk mengupload produk yang akan di jual.

 

Namun sebelum kita masuk pada inti bahasan Cara Mudah Membuat Toko Online Dengan WordPress. Izinkan saya untuk menjelaskan kepada Anda pentingnya memiliki toko online berbasis wordpress.

 

Pentingnya Memiliki Toko Online Berbasis WordPress

 

Ada beberapa poin penting mengapa Anda harus memiliki toko online sendiri ketimbang Anda hanya memanfaatkan marketplace untuk jualan online.

 

1. Lebih Terpercaya dan Lebih Profesioal

 

Jika Anda memiliki toko online sendiri, produk Anda akan terlihat lebih profesional dan lebih dipercaya oleh konsumen. Tanpa toko online Anda akan kehilangan pelanggan potensial Anda.

 

Loh kok bisa?

 

Oke coba bayangkan seandainya Anda jualan di Marketplace. Anda akan bersaing harga dengan toko-toko sebelah Anda. Sementara jika Anda memiliki toko online sendiri Anda akan lebih leluasa dalam memainkan promosi di toko Anda dan mengatur tampilan seprofesional mungkin yang dapat meningkatkan kepercayaan pembeli.

 

2. Lebih Mudah Berinteraksi dengan Pelanggan

 

Jika Anda memiliki toko online sendiri, Anda akan lebih mudah untuk berinteraksi dengan pelanggan Anda. Lebih mudah bagi Anda untuk mengetahui mana pelanggan biasa dan mana pelanggan loyal Anda. Sehingga Anda dapat membentuk Komunitas tersendiri untuk mengelola planggan Anda.

 

3. Bisa Mengelola Produk Sesuka Hati

 

Biasanya ada aturan-aturan khusus pada marketplace dalam memposting produk. Nah, untungnya jika Anda memiliki toko online sendiri, Anda bisa bebas mengatur seperti apa produk yang ingin Anda tampilkan. Anda bisa bebas dalam menentukan jumlah atau deskripsi apa yang ingin anda jelaskan terkait produk Anda kepada konsumen.

 

4. Laporang Keuangan Otomatis

 

Anda bisa melihat laporan keuangan Anda dengan sekali klik. Jadi Anda tidak perlu repot-repot untuk membuat laporang keuangan toko online Anda. Karena ketika Anda memiliki toko online sendiri Anda bisa menggunakan fitur laporan keuangan untuk toko online Anda.

 

5. Bisa Menentukan Nama Domain Sendiri

 

Anda juga bisa menentukan nama domain sendiri yang akan mempermudah pelanggan anda untuk mengingat toko online Anda.

Dan masih banyak lagi hal penting yang akan Anda temukan setelah memiliki toko online sendiri.

 

Apa Saja Yang Harus di Persiapkan Sebelum Membuat Toko Online?

 

Ada beberapa hal yang harus Anda persiapkan untuk membuat toko online sendiri diantaranya adalah Produk, Hosting dan Domain.

 

Jika Anda sudah memiliki produk sendiri untuk dijual maka abaikan saja, namun jika Anda belum memiliki produk untuk di jual di toko online Anda. Sebaiknya Anda segera cari produk apa yang akan Anda jual.

 

Baca Juga: Cara Riset Produk

 

Selanjutnya adalah Anda harus memiliki Domain dan Hosting. Nah, untuk Anda yang belum tau atau belum mengerti apa itu domain dan hosting bisa baca tulsan saya tentang Pengertian Domain dan Hosting.

 

Oke, sekarang persyaratan untuk membuat toko online sudah siap. Mari kita lanjut ke langkah selanjutnya.

 

Cara Mudah Instalasi CMS WordPress

 

Setelah Anda memiliki Domain dan Hosting sekarang waktunya kita menginstal CMS WordPress.

 

Sebelum itu saya ingin merekomendasikan Anda layanan hosting yang saya gunakan. Untuk hosting dan domain saya menggunakan layanan dari NiagaHoster kenapa? Karena mudah dan pelayanannya cepat.

 

Saya sudah menulisnya dengan lengkap tentang instalasi wordpress ini. Anda bisa baca disini.

 

Menginstal Plugin Pendukung Toko Online

 

Oke, setelah selesai menginstal WordPress langkah selanjutnya adalah menginstal Plugin Pendukung untuk toko online yang akan kita buat. Jangan terlalu banyak menginstal plugin, karena bisa berdampak pada kecepatan loading toko online Anda nantinya.

 

Rekomendasi Plugin

 

~Aksimet
~WP Super Cache
~Contact Form 7
~Jetpack
~Yoast SEO
~SEO Friendly Images
~WP Optimize

 

Biasanya untuk membuat toko online saya menggunakan plugin WooComarce. Namun pada tutorial kali ini saya akan menggunakan theme toko online buatan anak bangsa yang keren banget nama themenya Smart Toko.

 

Sayangnya Theme ini tidak gratis alias berbayar.

 

Mungkin Anda bertanya-tanya kenapa saya menggunakan Theme dari Lapak Instan.

 

Jika Anda membeli dan menggunakan theme lapak instan pada toko online Anda. Anda akan merasakan:

 

~ Desain Profesional dan Responsive
~ Tidak usah khawatir jika Anda sedang lalu ada order. Karena ada fitur SMS notifikasi jika ada order di toko online Anda
~ Anda akan melihat tampilan toko online Anda rapih dan terkesan profesional
~ Anda juga tidak perlu repot-repot menghitung onkir. Karena sistem ongkirnya sudah otomatis (tanpa plugin tambahan)
~ Yang terpenting adalah Free Update untuk membernya.

 

cara membuat toko online dengan wordpress

 

Sekarang waktunya menginstal Thame Lapak Instan ke WordPress Anda

 

Ada 2 cara untuk menginstal Theme pada WordPress.

 

Cara yang pertama dengan menggunakan metode upload pada wordpress dan cara yang kedua menggunakan FTP.

 

Sepengalaman saya saat menginstal theme ini, selalu eror kalau di instal melalui dashboard wordpressnya. Jadi untuk menginstalnya saya menggunakan FTP.

 

Cara Instal Theme Toko Online WordPress Menggunakan FTP

 

Untuk menginstal Theme WordPress menggunakan FTP. Anda harus memiliki software filezila dulu. Anda bisa download softwarenya disini.

 

1. Download Theme di Lapakinstan.com, Setelah di download kemudian Extract Filenya.

cara membuat toko online dengan wordpress

 

2. Buka FileZilla yang tadi Anda sudah Instal di Laptop/PC Anda.

cara membuat toko online dengan wordpress1

 

 

3. Pada bagian Username dan Password, silahkan isi dengan username dan password Cpanel Anda, Lalu klik Quickconnect

 

4. Pada bagian sebelah kiri, itu berisi data dari Laptom/PC Anda sedangkan di sebelah kanan adalah data dari Cpanel Anda.

Kemudian cari folder smart toko yang sudah Anda simpan di Laptop/PC. Lalu buka folder public_html di bagian sebelah kanan => domaintokoanda.com => wp-content => Themes. Setelah itu copy paste folder Smart Toko yang berada disebelah kiri ke Cpanel Anda. Jika sudah tunggu prosesnya hingga selesai.

 

5. Oke, Selamat. Anda sudah berhasil menginstal theme toko onlinennya. Sekarang waktunya untuk mengaktifkan theme tersebut. Langkahnya mudah sekali Anda hanya perlu login ke dashboard WordPress Anda dan masuk pada bagian theme. Lalu klik Aktivasi.

 

Jika Anda baru menggunakan theme tersebut untuk domain Anda. Maka thame tersebut akan meminta kode lisensi. Anda bisa mendapatkan kode tersebut di webnya.

cara membuat toko online dengan wordpress

 

Selamat, akhirnya Anda berhasil mengaktifasi theme Smart Toko. Seperti inilah tampilan web toko online Anda.

 

cara membuat toko online dengan wordpress

 

Masih jelek dan masih belum terlihat seperti toko online. Langkah selanjutnya adalah mensetting Theme ini.

 

Bersambung… 😀

 

Jika ada yang tidak dimengerti atau ada pertanyaan dari penjelasan saya di atas Anda boleh bertanya melalui komentar atau email saya di saya@andriuye.net

 

 

Gravatar Image
Andri Uye adalah seorang blogger yang menyukai dunia internet marketing dan juga pengembangan diri. Melalui andriuye.net saya ingin berbagi kepada teman-teman tentang inernet marketing dan juga pengembangan diri