pengertian domain dan hosting serta tips memilih hosting terbaik

Pengertian Domain dan Hosting serta Tips Memilih Layanan Hosting

Posted on

Pengertian Domain dan Hosting dalam Internet

Buat temen-teman yang baru mengenal dunia internet dan juga buat temen-temen yang baru ingin membuat website/blog. Sangat penting untuk mengetahui apa yang dimaksud dengan Domain dan Hosting dalam Internet.

Nah pada kesempatan yang baik ini saya ingin sedikit menjelaskan tentang Pengertian Domain dan Hosting dalam Internet agar teman-teman tidak kebingungan lagi saat ingin mulai membuat website/blog.

Oke yang pertama akan saya jelaskan adalah tentang Domain.

Apa sih Domain itu?

Domain adalah sebuah nama unik yang berfungsi untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer atau internet. Domain juga sangat berguna untuk mempermudah pengguna internet pada saat ingin mengakses ke server.

Contohnya seprti: andriuye.net, google.com, detik.com, facebook.com dan yang semisalnya.

Nama Domain juga disebut dengan istilah URL atau alamat website. Jadi dengan adanya Domain, website teman-teman nantinya akan mudah untuk dikunjungi.

Domain menurut wikipedia:
Nama domain (bahasa Inggris: domain name) adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Nama domain berfungsi untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai alamat IP. Nama domain ini juga dikenal sebagai sebuah kesatuan dari sebuahsitus web seperti contohnya “wikipedia.org”. Nama domain kadang-kadang disebut pula dengan istilah URL, atau alamat website.

Jenis-jenis Domain

Ada banyak sekali jenis-jenis domain yang harus teman-teman tahu nih. Tapi dari sekian banyaknya jenis domain itu semuanya terbagi menjadi empat yaitu: Top Level Domain (TLD), Secound Level Domain, Thrid Level Domain, dan Subdomain. Okeh, saya akan bahas satu persatu.

Top Level Domain (TLD)

Top Level Domain atau yang sering disebut dengan TLD merupakan bagian dari alamat website paling kanan. Contoh andriuye.net bagian “.net” adalah domain TLD ada banyak domain TLD selain .Net seperti .com, .org, atau .id

Ada banyak sekali TLD selain dari yang saya sebutkan diatas teman-teman bisa melihatnya disini http://en.wikipedia.org/wiki/List_of_Internet_top-level_domains

Second Level Domain

Second Level Domain ini biasanya ada setelah TLD. Contohnya seperti Kaskus.co.id bagian “co” disini tetap disebut dengan Second Level Domain. Ada beberapa domain yang terdapat Secon Level Domain namun seolah-olah seperti TLD diantaranya adalah .co.id, web.id, ac.id

Thrid Level Domain

Nah, setelah Second Level Domain terdapat Thrid Level Domain. Ini adalah bagian berikutnya dari nama domain seperti contoh kaskus.co.id pada bagian “kaskus” terletak pada bagian Thrid Level Domain.

Sub Domain

Selain dari Top, Second, dan Thrid Level Domain ada juga istilah Sub Domain. Nah istilah TLD dan Sub Domain inilah yang paling sering digunakan dalam dunia internet.
Sub Domain merupakan sebutan dari bagian domain utama. Contohnya blog.detik.com atau hot.detik.com nah pada bagian “blog” dan “hot” adalah sub domain dari detik.com
Teman-teman bisa menggunakan Sub Domain sesuka hati dan itupun tergantung layanan hosting yang diberikan.

Okeh, saya kira pembahasan tentang Domain cukup. Nah, selanjutnya adalah…

Apa sih Hosting itu?

Jika diibaratkan Hosting itu seperti sebuah tempat/kontrakan. Jadi hosting adalah tempat untuk menyimpan data/file seprti tulisan, gambar, script dan lain-lain.

Ada beberapa tipe dari web Hosting yang akan saya ulas disini diantaranya adalah Shared Server, Virtual Private Server (VPS), Dedicated Server, Cloud Server.

Saya akan bahas satu persatu.

Shared Server

Shared Server adalah tipe web hosting yang memiliki harga paling murah namun memiliki fitur terbatas. Dimana 1 fisik server digunakan secara bersama-sama (shared).

Pengguna di dalam 1 server ini bisa berjumlah puluhan, ratusan hingga ribuan user. Karena satu server digunakan rame-rame maka harganya pun menjadi murah berkisar belasan ribu perbulan hingga puluhan ribu perbulannya.

Nah, buat temen-temen yang baru mulai membangung website/blog pribadi saya sarankan menggunakan tipe hosting ini.

Virtual Private Server (VPS)

Virtual Private Server adalah layanan web hosting yang lebih tinggi daripada shared server. Walaupun satu server masih digunakan secara bersama-sama namun jumlah user lebih dibatasi.

Setiap VPS akan mendapatkan fitur mirip dengan satu fisik server, seperti pembagian jatah CPU dan memry server yang lebih pasti serta akses ke root.

Dedicated Server

Dedicated Server merupakan layanan web hosting dimana satu server khusus digunakan untuk satu pengguna. Nah, dengan begitu seluruh pemrosesan CPU dan memory server menjadi milik satu orang.

Cloud Server

Cloud server adalah tipe web hosting yang relatif baru, seiring dengan populernya layanan cloud. Berbagai server (bisa mencapai ribuan user) saling terhubung dan menyediakan komputasi gabungan. Dengan begitu, resource yang tersedia nyaris tidak terbatas.

Nah itu dia keepmat tipe web hosting.

hosting adalah tempat untuk menyimpan data/file seprti tulisan, gambar, script dan lain-lain.

Tips Dalam Memilih Layanan Domain dan Hosting

Jika teman-teman ingin membeli domain dan hosting, ada beberapa tips yang ingin saya bagikan disini. Jangan asal dalam memilih penyedia layanan hosting. Karena dari hostinglah kelangsungan hidup website teman-teman. Jadi harus hati hati dan teliti juga ya dalam memilih layanan hosting.

Ini dia tips Dalam Memilih Layanan Domain dan Hosting

Support dari Penyedia Layanan Hosting

Support menjadi hal yang penting dari sebuah layanan hosting terutama hosting di Indonesia. Sebab apabila support susah dihubungi, respon lambat, dll. Akan mempersulit teman-teman jika sedang menghadapi masalah terkait hosting.

Bayangkan saja jika website teman-teman sudah dibangun susah-susah dan sudah memiliki pengunjung yang sangat banyak, ternyata malah supportnya tidak benar. Nah, hal inilah yang harus teman-teman hindari.

Hindari juga hosting dengan support melalui Handphone saja, sebab bisa jadi yang mengelola hosting hanya satu orang saja, kecuali hosting yang bersangkutan mencantumkan juga no telepon kantor.

Perhatikan jenis layanan yang diberikan.

Hal ini sangat penting karena umumnya service yang diberikan akan sangat bervariasi. Jangan sampai terjadi hal yang konyol, dimana kita butuh PHP tetapi malah hosting yang hanya provide ASP. Kan nggak lucu. Nah, ada beberapa parameter penting dalam service yang diberikan antara lain:
> Support Bahasa pemrograman (PHP, ASP, dll)
> Database yang disediakan (MySQL, PostGRESQL, dll)
> Ketersediaan layanan E-mail
> Ukuran space hardisk
> Bandwidth
> Parking domain
> Sub domain
> Installer aplikasi, misal Fantastico atau Softaculous (untuk memudahkan instalasi aplikasi)

Jangan lupa perhatikan juga batasan/limit service yang diberikan misalnya limit user database, limit bandwidth, user email, dll.

Pilihlah web hosting Indonesia yang mempunyai lokasi kantor tetap dan berbadan hukum.

Kalau perlu teman-teman bisa datang langsung ke lokasi untuk mengetahui keberadaannya atau minimal lakukan kontak dengan supportnya dan tanyakan lokasi kantornya.

Lihat dan cek pengalaman perusahaan tersebut dalam mengelola hosting

Semakin berpengalaman sebuah perusahaan penyedia jasa hosting, maka umumnya supportnya semakin baik. Namun hal ini ada juga sisi negatifnya yaitu semakin laku sebuah penyedia jasa hosting di Indonesia, maka semakin banyak pengguna dalam sebuah servernya.

Hal ini tentu saja akan berakitbat pada makin tingginya trafik yang masuk dan berdampak pada lambatnya respon server. Mintalah pada penyedia jasa kita untuk meletakkan hosting di server yang masih rendah trafiknya.

Gunakan whois.net untuk melihat sudah berapa lama domain provider hosting tersebut beroprasi.

Cek spesifikasi server, stabilitas server dan koneksi server yang digunakan. Apakah di USA, IIX, dll.

Pilihlah penyedia hosting Indonesia yang menyediakan lokasi server yang bervariasi. Pemilihan lokasi server harus memperhatikan target pengunjung yang akan teman-teman tuju. Jika teman-teman menargetkan pengunjung dari Indonesia, sebaiknya pilih lokasi server di Indonesia. Hal ini akan mempengaruh kecepatan akses ke webiste teman-teman.

Cek kepemilikan domain klien, apakah atas nama klien atau atas nama webhosting bersangkutan.

Hal ini perlu untuk memberikan keleluasaan klien dalam memanage domainnya sendiri. Atau jika menggunakan nama web hosting Indonesia yang bersangkutan, maka pastikan mereka bersedia mengubah menjadi nama teman-teman. Dan lakukan penggantian nama dan password segera setelah hosting teman-teman siap.

Backup, back up dan back up

Backup merupakan hal yang sangat penting untuk memastikan bahwa data-data teman-teman aman, sebagai seringkali data-data klien hilang karena salah delete, dll. Cek jadwal backup hosting, dan jangan lupa lakukan backup teman-teman sendiri.

Program Promo

Nah, ini juga menjadi hal yang penting. Dengan adanya program promo, maka kita bisa menghemat biaya. Namun perhatikan, sebaiknya jangan mengambil penyedia hosting Indonesia yang terlalu sering memberikan promo. Jangan-jangan harga aslinya memang kemahalan.

Pastikan bebas masalah

Untuk memastikan layanan hosting yang akan teman-teman pakai bebas masalah. Teman-teman bisa bertanya dengan mbah google (googling) untuk mencari problem yang pernah dialami oleh penyedia hosting yang akan teman-teman pilih.

Gunakan kata kunci “nama_penyedia_hosting masalah”. Cara lain adalah dengan melakukan pengecekan ke forum yang disediakan penyedia hosting Indoneisa tersebut. Jika banyak komplain maka teman-teman perlu cek ulang hosting yang akan dipilih.

Bandingkan paket-paket yang disediakan.

Yah, memang proses membandingkan ini cukup menyebalkan, tetapi perlu dilakukan. Pertama bandingkan dulu space dan bandwithnya dan kalau perlu di konversi ke satuan yang sama, karena masing-masing penyedia layanan hosting Indonesia tersebut pasti memiliki paket yang berlainan.

Setelah itu bandingkan servicenya. Pertanyaan terakhir, makah yang paling kompetitif? Dari sana kita bisa memiliki beberapa alternatif untuk kita follow up dengan membandingkan faktor-faktor dari tips lainnya di artikel ini.

Sesuaikan harga dengan budget

Pilihlah paket yang sesuai dengan isi kantong teman-teman. Pilihlah web hosting yang menyediakan paket bervariasi dan kalau teman-teman perlu paket yang murah sebagai awal karir teman-teman di dunia web, cari yang menyediakan paket murah.

Pembayaran

Pilih paket yang menyediakan pembayaran melalui berbagai bank terutama bank-bank besar seperti BCA dan Mandiri serta kalau ada pelayanan online seperti paypal. Jangan lupa bahwa akan lebih baik jika support juga bank yang teman-teman miliki atau kalau tidak pastikan mereka memiliki prsedur untuk menerima pembayaran dari bank lain.

Lihat Testimonial

Walaupun berat sebelah dan cenderung hanya menampilkan testi yang positif, paling tidak dari testimonial teman-teman bisa lihat seberapa puas pelanggan hosting tersebut.

Nah, itu dia tips memilih penyedia layanan hosting

Rekomendasi Hosting

Ada beberapa Layanan hosting Indonesia terbaik yang ingin saya rekomendasikan kepada teman-teman. Apa saja kah itu?

1. Niaga Hoster
Niaga hoster menjadi layanan hosting termurah dengan garansi uptime 99.9%, technicial support 24jam, bandwidth unlimited, cPanel, Super Micro Server dan data center tier -3 Biznet yang canggih di Indonesia (serta datacenter di singapura).

Selain itu Niaga Hoster juga memberikan domain gratis selamanya, garansi harga termurah, dan garansi 30 hari uang kembali tanpa syarat. Denga menggunakan teknologi server terbaik yang telah di optimasi untuk website WordPress, Joomla, Drupal, dan PHP. Serta diskon 50% untuk pelanggan baru.

Untuk info lebih lanjut teman-teman bisa cek websitenya di Https://www.NiagaHoster.co.id

2. Ardeta Media
Ardeta Media yang memiliki uptime 99.9% 30 hari terakhir. Menurut saya Ardeta Media cocok untuk web master, blogger, toko online, dan pemain Auto blog.

Ardeta Media juga memiliki paket hosting murah yaitu hanya Rp. 144.000 pertahun.
Untuk info lebih lanjut teman-teman bisa cek websitenya di http://www.ardetamedia.com

3. Nusantara Host
Nusantara Host menggunakan hosting SSD. Nah buat teman-teman yang belum tau SSD, SSD (Solid State Drive) adalah media penyimpanan yang menggunakan integrated circuit disingkat IC, dirakit sebagai memory guna menyimpan data secara presisten.

Untuk info lebih lanjut teman-teman bisa cek websitenya di https://www.nusantarahost.com

4. Jogja Host
Jogja Host dengan mengedepankan kecepatan server agar website kita dapat diakses dengan cepat. Jogja Host yang menggunakan perangkat keras terbaik dan juga litespeed webserver yang akan menjamin web kita lebih cepat daripada web yang menggunakan Apache.

Untuk info lebih lanjut teman-teman bisa cek websitenya di http://www.jogjahost.co.id

5. ZieHost
ZieHost memiliki paket yang cukup menarik dimana teman-teman cukup membayar Rp.5000/bulan untuk paket basic, teman-teman sudah dapat hosting 200MB dan Bandwidth 5000MB

Untuk info lebih lanjut teman-teman bisa cek websitenya di https://ziehost.com

Kesimpulan

Bagaimana, apa teman-teman sudah bisa mengerti apa yang dimaksuk dengan Domain dan Hosting serta tips memilih layanan hosting dan juga rekomendasi layanan hosting?

Dalam menggunakan layanan hosting saya sendiri memakai layanan dari Niaga Hoster untuk membangun blog ini. Jika teman-teman ingin menggunakan layanan hosting dari Niaga Hoster juga, teman-teman bisa menggunakan kode kupon a-andriuye untuk mendapatkan DISKON tambahan.

Nah, semoga informasi di atas dapat bermanfaat buat teman-teman. Jika teman-teman memiliki kritik, saran atau pertanyaan terkait artikel ini teman-teman bisa mengutarakannya lewat kolom komentar di bawah.

Terima Kasih 🙂

Gravatar Image
Andri Uye adalah seorang blogger yang menyukai dunia internet marketing dan juga pengembangan diri. Melalui andriuye.net saya ingin berbagi kepada teman-teman tentang inernet marketing dan juga pengembangan diri
  • nice information gan, lanjutkan 🙂 lebih bagus lagi kalau ditambah gambar

  • Agung

    Yang recommended di Niagahoster. Harga, server, pelayanan memuaskan semua

    • Sama gan, ini juga pake niagahoster

      • Agung

        Iya gan. Pelayanannya memuaskan. Enak ya gan langganan di niagahoster?

  • Kafka

    Niagahoster layanannya cukup bagus