Ini Dia 5 supplier untuk dropship dan toko online terpercaya

Sebelum kita yakin menjadi pebisnis yang sudah memiliki produk andalan. Alangkah baiknya sebagai pemula, kita mencari ceruk bisnis tertentu dengan cara dropship. Ya, kita cukup mencari suplier lalu bisa memulai bisnis sesegera mungkin dan tanpa perlu modal besar.

Ada beberapa hal yang penting saat kamu memilih supplier untuk dropship. Kata siapa dropshiper tidak ada resiko ? Jika salah pilih maka bisa dipastikan kamu bakal rugi.

Percaya deh…

Jangan anggap remeh proses ini. Sekalipun mudah, namun perlu ketelitian dan kejelian.

Namun sebelum masuk ke pembahasan, ada baiknya jika teman-teman membaca tulisan saya yang berjudul Cara Mudah Riset Produk yang Laris di Pasaran Untuk Toko Online terlebih dahulu.

Setelah teman-teman selesai melakukan Riset Produk, maka langkah selanjutnya adalah ketahapan mencari supplier. Agar mudah mencari solusi, saya mencoba memposisikan diri sebagai seorang Dropshipper yang ingin mencari supplier.

Tips Memilih Supplier untuk Dropshipper

Carilah dari Sumber Yang Terpercaya

Banyak sumber yang bisa kamu gunakan untuk menemukan supplier. Teman-teman bisa mencari info supplier lewat forum jual beli, marketplace, media sosial dan lain-lain.

Saat kamu sudah bertemu dengan supplier yang menyediakan produk yang diinginkan, maka langkah selanjutnya adalah dengan melihat reviewnya dan komentar dari orang-orang yang telah menjadi pelanggan dari supplier tersebut.

Lihat apakah banyak komentar positif ataukah negatif. Jika kamu mencarinya di marketplace seperti Tokopedia. Kamu bisa melihat review dari jumlah bintang yang diberikan pembeli.

Jangan lupa lihat komentarnya. Apakah banyak hal minus dari service yang di berikan. misalnya pengiriman lama, produk tidak lengkap atau rusak, produk salah kirim dan sebagainya. INI POIN PENTING !!!

Cari Tau Mengenai Segala Hal Tentang Supplier yang Teman-teman Bidik

Pada poin pertama, teman-teman sudah melihat revew dan komentar dari orang-orang yang pernah membeli produk dari si suppler.

Nah, pada poin ini tugas teman-teman adalah mencari tahu segala hal tentang Supplier yang teman-teman bidik.

Mencari tahu apakah target memiliki website resmi. Jika YA, maka kita bisa mengunjungi website resminya. Apakah supplier yang kamu bidik memiliki fanspage, twitter, instagram, atau akun media sosial lainnya.

Tujuannya mencari informasi sebanyak mungkin performa toko tersebut.

Setelah itu teman-teman bisa mencoba menghubunginya, bisa melalui BBM, Message, atau kontak yang ada pada si supplier apakah fast respon ataukah tidak.

Hal ini sangat penting untuk teman-teman ketahui. Jangan sampai ketika teman-teman menghadapi masalah seperti barang tidak sampai ke konsumen, dan ketika teman-teman menghubungi supplier malah slow respon alias lama jawabnya.

Kredibilitas Supplier Apakah Jelas atau Tidak

Banyak hal yang bisa teman-teman lakukan untuk mencari tahu kredibilitas supplier salah satunya adalah dengan membeli produk dari supplier tersebut.

Saat teman-teman membeli produk, tugas teman-teman adalah mengamati bagaimana cara pelayanannya. apakah fast respon atau tidak. Dan coba ajukan beberapa pertanyaan terperinci. Apakah ramah saat menaggapinya.

Perhatikan juga bagaimana cara supplier tersebut memberikan resi, apakah cepat memberikan resinya ataukah lama. Carilah supplier yang memberikan resi di hari yang sama.

Jika barang sudah tiba di tempat kita, coba perhatikan apakah paket pengirimannya aman ataukah malah ada yang cacat. Karena tidak semua jasa pengiriman barang memperlakukan barang yang akan dikirim dengan baik.

Jangan sampai ketika kita menjadi dropshippernya dan ketika pesanan sampai ke pelanggan malah ada yang cacat. Nah, kalau sudah begini kamulah yang akan menanggung resiko mendapat komplainan.

Selain itu…

Teman-teman harus tahu kondisi asli dari produk yang akan teman-teman jual. Apakah, produk yang akan dijual memiliki sertifikasi Halal?

Apakah produk tersebut legal untuk di pasarkan?

Apalagi jika produk yang supplier tawarkan adalah produk dari brand ternama. Apakah produknya asli atau KW?

Kualitas serta detail produknya bagaimana. Lalu harganya apakah mampu bersaing di pasaran ataukah tidak.

Proses ini sebenarnya dilakukan di awal saat mencari produk yang ingin di jual. Namun proses ini juga dibutuhkan saat mencari supplier. Tujuannya agar info awal yang kita dapat, apakah sesaui dengan produk suplier yang kita terima.

Lihat seksama produknya. Hati-hati jangan terkecoh. Banyak produk abal-abal saat sekarang ini.

Apakah Supplier Memberikan Jaminan Kembali Tanpa Syarat

Misalkan ada pesanan dari konsumen teman-teman, lalu ketika pesanan sampai tapi ternyata barang yang ia terima malah cacat.

Nah jika terjadi kasus seperti ini apakah supplier yang teman-teman bidik bersedia memberikan jaminan. Seperti mengganti barang yang cacat.

Jika supplier bersedia, maka pilihlah supplier tersebut. Ini juga bisa menjadi nilai tambah ketika kita menjadi penjual. Sehingga kita bisa memberikan jaminan mengganti barang yang baru, jika barang yang konsumen terima ternyata cacat.

Kebersediaan Menjadi Supplier

Hal terakhir tentu saja adalah menghubungi supplier secara pribadi. Kita perlu menanyakan kebersediaan mereka ketika kita menjual produk secara dropship.

Sekaligus menanyakan stok, dan tanyakan juga apakah ada bonus tambahan ketika kita menjadi dropshipernya mereka. Jika beruntung kita bisa mendapat potongan harga atau mendapat marketing kit terupdate dari mereka.

Banyak dari kita melupakan proses terakhir ini karena merasa semua yang kita cari tahu serasa OKE semua. Ingat, tidak semua suplier suka dengan dropshiper. Ada beberapa supplier yang memang sedang fokus ngebranding tokonya, sehingga menomor duakan para dropshiper.

Contoh supplier untuk dropship yang terpercaya

Ini adalah beberapa toko online yang merupakan suplier yang sudah lama mendapat kepercayaan. Jenis produk yang beragam, proses pengiriman yang cepat dan stok yang aman menjadi kelebihan mereka.

Kamu bisa memilih mereka menjadi rujukan pertamamu. Mulailah dari sana dan coba langsung jualan. Tim mereka bahkan mau membantu para pemula untuk jualan ko.

Langsung saja, ini daftar supplier untuk dropship yang bisa kamu pilih

Supplier.id
Dusdusan.com
Bandros.co.id
Win Market
Cakning
Tanah Abang Market

Memilih supplier adalah hal yang sangat penting. Dengan memiliki supplier yang terpercaya, maka kita tidak perlu khawatir ketika datang pesanan banyak. Karena supplier kita sudah terpercaya.

Nah, saya rasa Tips Memilih Supplier untuk Dropship di atas sudah cukup jelas. Jadi ketika teman-teman ingin mencari supplier yang Terpercaya, teman-teman tinggal praktikkan saja tips yang saya berikan. Sisanya tentu saja tergantung situasi nantinya.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *